Tuesday, September 22, 2009

Nikah Tamasya

*fiuhh*

ari ini kaga ada kerjaan, jadi surfing-surfing di weddingku.com.
tadi sebenarnya pengen surfing tentang wedding gown, kali aja surfing-surfing bisa dapet gown yang murmer,, gopek kali :P *ngarep*

haha ~
eh, yang dari wedding gown, jadinya nyantol ke undangan..
dari undangan, malah nyantol di forum `real couples`, en tertarek ama satu judul thread, karna dari tadi sempet ngebaca beberapa kali kalimat `nikah tamasya`

duh o.0
gue baru tau, ide pernikahan gue ntar itu namanya nikah tamasya :P
yah, it means, ga ada party besar-besaran, jadi cuma party kecil-kecilan (rata-rata pemberkatan doank di gereja), uang lebihnya dipake buat honeymoon ke DN / LN >.<

yah,,
emang sih kesannya terasa kalo kita ini lagi `kebelet` banget buat merit, makanya kami cuma sanggup party `seadanya`
coba kalo kita ini borjuis :mrgreen: akan kah mereka berfikir demikian? :mrgreen:
emang sih, ini cuma sekali dalam seumur idup.. tapi gimana yah, i think there're many different ways to celebrate our special moment eventhought it only once in our life :mrgreen:
itu pemikiran gue loh,, no offence here :mrgreen:

yah, emang sih, ada beberapa pertimbangan ortu yang arus kita pertimbangkan, misalnya : "lu kan anak 1 1 nya cewek, arus dipestain" ato mungkin "lu kan anak cewek paling gede, arus dipestain" ato mungkin lagi "bokap nyokap lu ini banyak kolega, malu donk kalo anaknya merit kaga dirayain" atoooooooooo mungkin juga bisa gini "kayak MBA aja merit diem-diem, kaga mo dirayain !!" :O *maybe*

tapi gimanapun juga, ortu yah tetep ortu, mereka pasti mo ngerti yah gimanapun kondisi kita,,
and tujuan mereka pasti sama, pengen yang terbaik untuk kita, walaupun mungkin cara pandang mereka beda..
en gue rasa kalo kita jelasin dengan alasan logis, mereka pasti mo ngerti, karna mereka juga bukan anak muda lagi, it means, mereka tau gimana susahnya arus bertahan hidup di dunia yang keras apalagi sekarang ini :)

alasan gue ama angel pake system nikah tamasya, karna gue mikir, gue ga mo ribet yah..
udah gitu, kok terasa sayang banget duid sekian puluh juta *maybe lebih* abis dalam semalam, padahal mo ngumpulinnya ampe semua urat dibadan kita keliatan -_-"
gue mikir, mungkin asik kali yah kalo pernikahan kita cuma temen-temen deket aja..
karna mereka pasti bakalan turut bersuka cita buat kita, en kita keliatan..

puji Tuhan, sejauh ini, papa gue mo ngerti,,
dia juga tipikal orang yang kaga mo repot, en mama gue yahhhhhhhh emang kaga rela sih *bisa keliatan* tapi sekarang, setelah dijelasin yang penting `life after married`- nya, akhirnya pelan-pelan mo ngerti..
en dari pihak camer, mereka juga fine-fine aja,, emang dari pertama mereka juga nyaranin begitu, karna katanya pihak camer itu keluarga besar,, pasti bakalan bengkak, udah gitu mereka semua penggila bir,, en sekali ketemu ama bir, bakalan `kesetanan` :mrgreen:

ini ada salah 1 user di weddingku.com yang juga punya pemikiran yang sama, tapi beda cara wujudinnya ^^
sempet bersyukur banget, karna gue mikir ternyata kaga gue seorang aja yang punya pemikiran kayak gitu T.T
en setelah baca postingan dia, jadi terasa ide `nikah tamasya` - nya gila banget :P


Viec to Rie
Member:89854

Posted : 12/25/2008 3:42:57 PM


hi ikutan gabung nih...^-^


gw mo ceritain pengalaman gw nih.


gw en tunangan gw sesama anak bungsu. dimana secara pribadi, gw emoh banget yang namanya merit di pestain. kebalikkannya, dy semangat banget mo pesta.


kita udah beberapa kali ribut gara2 maslah ini. alhasil gw mendapat ide untuk meracuni pikiran dy, mami gw, en ortu dy.



Racun utk dy:
gw sengaja ajak dy ke pameran2 wedd yang ada di jkt. mulai dari yang di kemayoran ampe yang di jcc.

pertama sih dy excited, tapi setelah melihat keribetan utk ngurus suatu pesta, dan mahalnya budget yang harus di keluarin, akhirnya dy nyerah jg.....



racun utk mami en camer:
gw sering2 ngobrol sm mereka, dan rajin2 ngasih brosur skolah2 favorit, brosur rumah sakit untuk melahirkan, brosur asuransi pendidikan anak yang semakin lama semakin mahal, brosur rumah2 idaman, brosur2 peluang bisnis di LN etc...(itu semua perlu modal besar lho)

pokoke hal2 yang menyangkut jangka panjang deh.


gw jelasin pelan2 bahwa sayang aja yah kalo duit puluhan ampe ratusan juta musti di keluarin hanya utk pesta semalam.



gw menekankan life after merit is more more more important, yg penting itu blessing dan restu dari keluarga.
pesta gede2an ga menjamin apapun juga termasuk kelanggengan suatu hubungan.

Hasilnya:
sekarang gw dah agak tenangan deh.....krn semuanya (temasuk dy) dah mulai mnerima ide gw (apalagi inget sikon resesi global gini)

kita pemberkatan aja di gereja, ngasih snack box. atau ga, pesen 7-8 meja di rstoran yang biasa aja.


sisa uang utk jalan2 ke LN berduaan aja, sambil liat2 peluang bisnis baru yang x aja bisa di bawa masuk ke indo.


Posted : 12/25/2008 4:14:09 PM


tapi ada tantangan2 nya juga sih sebelum mereka deal sama ide gila gw ini


*tunangan gw pesen satu hal.


dy mo gw pk baju pengantin (bkn cm sekadar gaun malam doank), en HARUS ADA poto prewedd (meski bukan pake baju penganten jg gpp)



solusi:
okay! gampang! mami gw bisa buat gaun pengantin gitu en juga bisa buat baju2 pesta jadi masalah baju sudah selesai.

masalah make up ada sodara gw yang siap bantuin.



trus masalah poto prewedd, gw minta tolong temen gw yang anak fotographi.
gw bayarin aja fee nya dia 500 rb.(secara anak masih kuliah gitu kan , pasti ga akan minta harga tinggi2 gitu deh)

masalah jas penganten, sodara gw siap kasi diskon gede2an (kmaren dy kasi harga lumayan `gila` sih. bayangin deh jas biasanya harga 3-4 jt, dy ks harganya cm 800rb)


*camer gw cm minta satu hal juga.


mereka mau keluarga jauh mereka HARUS di beritahu secara sopan. (bingung kan caranya gimana ????)



solusinya.....
karena gw ga nyetak undangan....

masalah undangan/pemberitahuan, gw nyetak aja sendiri.
gw beli aja kertas agak bagusan, en gw design sendiri plus print full colour.

trus palingan bikin kue tart mini (kwnya gw buat sendiri)sesuai jumlah kakak beradik camer (total 16 org).


n kertas undangannya itu kita taruh di atasnya. (prosesinya sama seperti kalo kita terima kw announcement baby 1month gitu lho)


pertamanya ide kawin tamasya ini dapet tentangan dari banyak pihak.


mereka pikir gw pelitlah ga mo keluarin duit banyak, mereka pikir gw ga mo `kasi muka` ke mereka karena ga bikin pesta gede2an etc


tapi setelah gw jelasin (malah gw ampe pernah buat bikin kw tart mininya lho buat camer biar mereka tau kwalitas en designnya kaya apa), mereka pun akhirnya luluh.


mereka nyerahin semuanya ke gw.


Posted : 12/25/2008 4:39:58 PM


intinya guys,


1. kalian musti liat juga sikon ekonomi kalian itu memungkinkan/tidak utk pesta.


jangan cuma krn mo muka, ngadain pesta, rela2in ngutang sana sini. membebankan hidup kalian di kemudian hari.


yang pada akhirnya gunjingan itu akan muncul (mis: dasar mantu ga bisa dukung suami! malah ngasi beban ke suami! *amit2! jgn ampe di bilang gini ya, guys*)


2. kit juga musti inget lho bahwa sekarang smuanya serba mahal. mendingan save money for rainy day kan??


inget lho! jaman sekarang kalo kita ga ada duit, siapa yang mo liat muka kita? siapa yang mo ngasih kita duit? siapa yang mo ngasih minjem kita?????



3. gw yakin di balik keinginan ortu utk mengadakan pesta, mereka pasti tidak akan memaksa pesta, jika kita memberikan alesan2 logis. (spt yg gw lakuin)
sebagai gantinya, ajukan win-win solution.

bilang ke camer en ortu, utk menghargai dan menghormati semua pihak. maka akan di adain makan meja dengan kakak beradik ortu en camer serta ipar2 aja di resto yg sesuai budget (sehingga masih ada budjet utk hidup ke depan)


tapi jgn lp blg ke ortu en camer utk inform ke keluarga besar, bahwa undangan hanya berlaku utk 2 org saja. hal ini sangat penting mengingat terbatasnya tempat duduk.


( btw kebiasaan jelek org indo kalo di undang makan meja,meski di tulis BERLAKU 2 ORG, tapi yang dateng malah 20 ORNG!! yang dateng bisa se RT...).



4. bkn berati, degn beda pandangn, ortu, camer bukan orang2 baik, bkn org2 yang mo ngerti kita.
sebenernya ortu , camer itu merupakan orang2 baik cuma beda pandangan aja sama kita, mereka itu mo ngertiin kok, asal penjelasan kita bisa masuk ke cara pendang mereka.

Posted : 1/2/2009 2:49:29 PM


hi all! happy new year every one!


sebenernya ide merit tamasya itu terinspirasi sama calon iparku yang duluan merit.


dia cuma pemberkatan di gereja dan ngasih snack box.



undangannya n kartu ucapan terima kasih dia buat sendiri, poto pre wedd dari temennya,video shooting dari sodara2 kita sendiri (pake handycam biasa n pinjem video cam punya temen)
kue buat snack box dari sodaranya juga.

dia cuma keluar biaya buat dekor gereja, gaun en makeup. bener2 penghematan banget yah!!! ^ ^


juga terilhami dari mamiku.


baju penganten dia (jaman dulu kala) di buat sendiri oleh dia.


make up dia sendiri tanpa bantuan dari orang lain.


bunga tangan dia beli bunga satuan dan dia rangkai sendiri,


makanan buat makan meja di masakkin sama mamanya juga (kebetulan dulu oma ku tuh ex jual makanan di pasar gitu...)


kata mamiku, "ga susyah kok nyiapin semua sendiri.dan biayanya bisa jauh lebih di tekan....asal rela repot aja. smua ga masyalah...^ ^ "


Posted : 1/2/2009 2:59:14 PM



@rosselyne
congratz yah akhirnya impian kamu terwujud juga.

emang ga gampang untuk meyakini pihak2 yang keukeuh dengan pendapat mereka masing2....yang penting komunikasi 2 pihak aja.


mo merit gedung, merit kapal pesiar, ataupun merit gereja. buat pasangan yang di cari kan H.A.L.A.L nya itu lho....hahahahaha


iya nih aku juga lagi bingung. nyari2 info buat hand buket gitu. apa pake `the fake one` like my mom atau pake yang asli yah???


lagi mo compare harga. apa mendingan beli bunga fresh di rawa belong (sori kalo salah eja) n ask my mom utk rangkai. atau pesen aja yah?


Posted : 1/2/2009 3:10:24 PM



@ all....
moga2 pestanya yang kecil2an itu bisa rame, meriah, banyak yg dateng...n sukur2 isi angpaonya itu besar2....

btw spirit merit tamasya ini sudah menyebar ke orang2 rumah gw.


especially my mom! (secara my mom itu kreatif banget n ga bisa diem)


malah kl bisa, mulai dari gaun, make up, poto, video shooting ampe dekor, dia mo pegang! hehehehehehe



kata mami ku, kalo orang jaman dulu krn belom booming merit di gedung.
jadinya mah enak. makan meja nya bisa di halaman rumah meski dekorasinya sangat sederhana (secara rumah dulu masih segede2 apaan tau).

jadinya budgetnya bener2 `harga modal` banget n NO PPN + Service Tax 21%! hahahahaha



ini ngebuktiin, kita juga tetep bisa punya momen yang indah walaupun budjet kita pas-pas-an :mrgreen:

*special banget buat sum1 yang kemaren bilang ke gue, yang nyinggung-nyinggung tentang pendapatan gue untuk merit, bla bla bla*

:mrgreen:

i think every woman in this entire world, want the best party ever for her own wedding ~
but it doesn't mean you have to compare it all with money :)
i think is about how we cherish it at all :)

1 comment:

  1. bener mendingan kawin tamasya duitnya bisa d ppake yang lain....nanti juga gua akan kawin tamasya cuma pemberkatan gereja, catatan sipil dan go to honeymoon

    ReplyDelete