Wednesday, April 6, 2011

booking online

yo yo yo..
mo bagi pengalaman booking hotel online di booking.com

waktu hanimun desember kemaren, kami jalan-jalan ke singapore-JB-KL-Genting-KL-singapore..

nah, kami jalan di KL en nginap 2 hari..
nah, karna tanggal kami itu sekitar desember mo deket natal, gue takut tiketnya abis :(
mana hotel yang kami mau itu ga ada system booking onlinenya langsung..

tus akhirnya nyari tau ke kaskus, untuk nyari tau tentang referensi booking hotel online..
gue dapet 2 website waktu itu..
booking, satu lagi lupa -_-"

nah, setelah search-search, klik-klak, dapet lah harga terbaik dari booking.com ini..
waktu itu gue pesen 2 malam, dari tgl 2010-12-20 ampe tgl 2010-12-22
cuma dapet MYR 138.96
padahal di official sitenya, untuk rate peak season permalamnya kena RM 100/120 *lupa tepatnya*

eh, sempet takut juga, kok bisa semurah itu..
emang kaga seberapa ye, RM 140 kalo dirupiahin paling 420rb (rate IDR 3000) cuma yang dikhawatirin, takut KK kami kebobolan *hush*

akhirnya pulang ke rumah, diskusi ama angel, en like usual, he didn't approve it.
yeah, gigit jari sambil memandang di website, tinggal 2 kamar aja yang tersisa..
kaga puas dengan hasil yang didapat, gue search di kaskus lagi tentang review-review..
en semuanya reviewnya ok..
en dari semua review, gue kumpulin informasi, ternyata belanja di booking.com, nilai plusnya:
ga dipotong langsung ke KK, walaupun kita tetep arus submit no KK kita..
jadi kalo kita cancel dalam waktu 2-3 hari dari tgl check in (bukan tgl kita book ye :D ), ga kena potongan :D ini kali aja buat jaga-jaga ternyata kita dapet tumpangan gratis, ato dapet hotel yang lebih murah :D

akhirnya malam gue diskusiin lagi ama angel..
angel tetep bersikukuh kaga mau juga T_T
tapi gue jelasin pelan-pelan,, en dia akhirnya mo ngerti..
malamnya kami doa, supaya Tuhan jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan :D

nah, besoknya,,
gue masuk ke webnya, en ikutin prosedurnya step by step..
sambilan hati-hati ngebacanya *takut salah*
sampe tahap terakhir, disuru print tanda buktinya, buat dikasi ke resepsionis hotel nanti..
karna takut lupa ato ilang, gue print ampe 3 set
1 buat diselipin di sampul passport gue..
1 buat diselipin di sampul passport angel..
1 lagi ditaro di tas travel kami


ga lama, gue dapet imel verifikasi dari booking.com ini :)
isinya :

1. konfirmasi detail pemesan
2. detail hotel yang kita pesan.
3. konfirmasi pesanan hotel kita
4. ketentuan dari hotel.
cth : ga termasuk 5% pajak & 10% service cas, ga incl. sarapan, etc
5. ketentuan dari booking.com
cth : gimana edit, gimana cancel, syarat mo cancel, etc

en waktu di hotel Chinatown Inn, kita tinggal nunjukin ke petugasnya hasil print-an nya..

jadi pas kami konfirmasi ke hotelnya tgl 18 dec buat nebus voucher hotel kami, kami dapet semacam nota gitu..
waktu tgl 20 dec nya, setelah pulang dari genting, kami serahin notanya buat dapetin kunci kamar, en kamarnya tinggal bagian lantai bawah aja (agak jelek) tapi tetep bersyukur kami dapet kamar,,
lantai bagian atas semuanya udah penuhhhhhhhhhhh, juga hasil dari booking-an online.. cuma mereka lebih awal aja nebus notanya dari kami :mrgreen:
tapi gapapa yang penting kami dapet kamar layak ditinggali, en yang paling penting AMAN :mrgreen:

kalo aja angel nurutin kata-kata gue, yang minta pas tgl 20 dec aja baru tebus notanya, kami ga bakalan dapet kamar :mrgreen:
beruntungnya dapet suami yang punya hikmat pinter ngitung waktu dan cermat dalam semua planningnya :)
love you angel muach :oops:

nah, waktu udah dapet kunci kamarnya, angel senyum sumringah lega sambil nyindir kata-kata resepsionis hotel sebelumnya

ampe sekarang kalo ga salah, print 2 set nya masi disimpen

dijadiin kenang-kenangan road to my honeymoon :)
thanks to booking.com yang lancarin semuanya :)

kesan gue :
1. mudah :mrgreen:
2. murah abis :mrgreen:

mudah karena tinggal klik klak udah rebes, ga perlu pusing lagi mo tinggal dimana dsb nya :mrgreen:

untungnya pesen disini :
bole dicancel maksimal 2/3 hari dari tanggal kita check in *lupa berapa ari tepatnya*
tus kalo dicancel, kan udah dipotong ke KK kita?
oh kaga :mrgreen:
nah jadi waktu kita udah mesen, dia ga langsung cas ke KK kita..
setelah dalam jangka waktu yg udah ditentukan kita masi belum juga check in ke hotel tersebut, baru otomatis masuk ke tagihan KK kita :mrgreen:
tus siapa yang ngasi tau ke booking.com kalo kita udah check in ke hotelnya?
nah yang ini, kemaren gue sempet bingung juga.. tapi setelah gue cek, kayaknya tar pihak hotel sendiri yang konfirmasi ke booking.com nya
yang penting, gue kaga urusan lagi kok ama pihak booking.com :mrgreen:
tus apalagi yey :|
kayaknya itu aja yey :|

booking.com ini bagus menurut gue :) jadi jangan takut bertransaksi disini :mrgreen:

tar ada pengalaman laen lagi, gue share lagi :)

No comments:

Post a Comment