Tuesday, February 4, 2014

Cara Membaca Label Nutrition pada Makanan


Aha !
Udah lama banget mau nyari info yang benar tentang label nutrition ini =D
akhirnya nemu juga.
Ga pake basa/i, gue share aja dikutip langsung dari site owner yah.
Semoga bisa menambah pengetahuan ^^

-------------------------------------------------------------------------------
Well, kali ini saya pengen berbagi tentang bagaimana membaca label nutrisi yang biasa terdapat pada kemasan makanan. Dulunya saya tidak pernah peduli dengan benda seperti itu, tapi karena program diet yang sedang saya jalani mengharuskan saya pintar memilah-milih makanan yang masuk ke dalam perut saya.
Pada gambar dibawah ini kita akan melihat bahwa ada 6 bagian penting dari label nutrisi pada kemasan makanan.

Bagian 1: Serving Size / Ukuran Saji
 Ukuran saji pada makanan sangat berpengaruh pada jumlah kalori dan nutrisi yang tercantum pada label makanan. Langsung saja perhatikan pada berapa saji (servings) yang ada pada kemasan. Seperti pada contoh diatas, serving size macaroni & cheese yang disarankan adalah 1 cup (cangkir) dengan berat 228 g. Sementara, pada 1 package/container/bungkus macaroni & cheese dapat menyajikan 2 cangkir yang dapat dilihat pada servings per container. Ini berpengaruh erat pada jumlah kalori yang Anda konsumsi. Jika Anda ternyata malah mengkonsumsi 1 bungkus macaroni & cheese tanpa membaginya menjadi 2 kali saji berarti Anda harus melipatgandakan perhitungan kalori dan nutrisi lainnya yang dapat dilihat pada nomor 2.
  
Bagian 2: Kalori dan Kalori dari Lemak


 Banyak orang gemar mengkonsumsi kalori secara berlebihan setiap hari. Bagian ini cukup membantu kita untuk mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Seperti contoh diatas menerangkan bahwa kita memperoleh kalori dari total per serving adalah sebesar 250 kkal dan kita memperoleh kalori dari lemak sebesar 110 kalori . Jika Anda terlanjur mengkonsumsi 1 bungkus macaroni & cheese tanpa membaginya menjadi 2 kali saji berarti Anda memperoleh 500 kalori dan 220 kalori berasal dari lemak.

Bagian 3 dan 4: Jumlah Nutrisi yang Dibutuhkan
Batasi Nutrisi ini / Limit These Nutrient

Mengkonsumsi terlalu banyak lemak, lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, sodium akan meningkatkan sejumlah penyakit kritis seperti serangan jantung, kanker atau tekanan darah tinggi.
Penuhi Nutrisi ini / Get Enough of These
 
Banyak orang Amerika yang tidak memenuhi kebutuhan serat, vitamin A, vitamin C, kalsium dan besi di dalam makanan mereka. Banyak kesehatan yang didapat jika kita mengkonsumsi nutrisi ini. Sebagai contoh, cukup kalsium akan mengurangi resiko osteoporosis. Mengkonsumsi makanan dengan banyak serat akan meningkatkan fungsi usus (bowel).

Bagian 5: Mengerti Catatan Kaki (Footnote) pada Bagian Bawah Label 'Nutrition Facts'

Informasi ini akan sama dari produk ke produk karena merupakan asupan kalori yang disarankan. Mari kita lihat lingkaran merah pada catatan kaki ini, yakni Daily Values (DV). DVs adalah nilai asupan yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan publik. Biasanya DVs di catatan kaki ini didasarkan pada makanan 2000 atau 2500 kalori. Perhatikan bagaimana DVs sebagian nutrisi akan berubah, sedangkan untuk kolestrol dan sodium akan memiliki jumlah kalori yang sama



Bagaimana Daily Values Berkaitan dengan %DVs?

Untuk nutrisi yang memiliki kata less than / kurang dari, maka kita harus membatasi asupan dari batas yang dituliskan. Sebagai contoh DV untuk saturated fat adalah 20 g, maka ini adalah 100% DV untuk nutrisi ini. Tujuan kita adalah kita harus mengkonsumsi kurang dari 20 g/ 100% DV sehari.
Untuk nutrisi yang tidak mengandung kata-kata less than/ kurang dari, artinya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi paling tidak dari jumlah kalori yang tertulis. Sebagai contoh, DV untuk total karbohidrat adalah 300g/ 100% DV. Jumlah ini direkomendasikan untuk mendapatkan makanan yang seimbang dari 2000 kalori.

Bagian 6: Persen Daily Value (%DV)

Persen DV dibuat berdasarkan rekomendasi DV untuk nutrisi penting yang dibutuhkan,tetapi didasarkan pada 2000 kalori asupan - bukan 2500 kalori asupan.
Panduan cepat: 5% atau kurang DV adalah rendah untuk semua nutrisi (saturated fat, kolesterol, sodium, serat, kalsium, vitamin, dll.). 20% atau lebih DV adalah tinggi untuk semua nutrisi.

Jika kita perhatikan contoh diatas 18% DV dari lemak. Berdasarkan panduan cepat DV, 18% tidaklah tinggi. Tapi ketika kita makan 2 saji, maka akan menghasilkan 36% DV hanya dari lemak total. Artinya kita masih memiliki jumlah 64% DV lagi batasan lemak yang diperbolehkan dari semua makanan atau minuman yang kita konsumsi hari itu.

Nutrisi dengan %DV tapi tanpa berat tercantum

Coba lihat contoh kalsium di label nutrisi berikut:
Kalsium 30%. Para pakar kesehatan mengajurkan konsumen untuk mengkonsumsi jumalah kalsium yang cukup sebesar 1000mg atau 100%DV dalam 2000 kalori asupan makanan. Wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi 1300 mg kalisum dan wanita yang sudah pada tahap menopause dianjurkan mengkonsumsi 1200mg kalsium perhari. Equivalen-nya adalah 30%DV = 300mg kalsium = satu gelas susu, 100%DV = 1000mg kalsium, dan 130%DV = 1300mg kalsium.



Nutrisi Tanpa %DV: TransFat, Protein, Gula

1. Transfat : dianjurkan untuk mengkonsumsi sedikit mungkin.
2. Protein : Asupan protein yntuk orang dewasa dan anak-anak berusia diatas 4 tahun tidak menjadi perhatian kesehatan publik lagi,
3. Gula: tidak ada nilai referensi. Gula yang terkandung di label nutrisi juga merupakan hasil kontribusi dari gula alami yang terkandung di buah dan susu (laktosa). Lihat label nutrisi pada kedua contoh yoghurt di bawah ini.



Plain Yoghurt mengandung 10 g gula yang bukan berasal dari gula tambahan, tetapi gula yang berasal dari gula alami susu (laktosa).
Fruit yoghurt mengandung 44 g gula yang berasal dari 'high fructose corn syrup'. Gula yang ditambahkan di makanan biasanya berupa: corn syrup, high-fructose corn syrup, fruit juice concentrate, maltose, dextrose, sucrose, honey, dan maple syrup.
Untuk membatasi nutrisi yang tidak memiliki %DV, seperti transfat dan gula, bandingkan label dua produk sejenis dan pilih produk yang memiliki nilai terendah.
 

Catatan Penting/ Important Notes:

Tulisan ini beserta gambar yang ada didalamnya merupakan terjemahan dari referensi utama yang saya pakai yakni: FDA (U.S. Food and Drug Administration), 2004. How to Understand and Use the Nutrition Facts Label. Available at:http://www.fda.gov/Food/ResourcesForYou/Consumers/NFLPM/ucm274593.htm [Accessed at: 15 July 2012].

This article and all pictures in this document are translated from the main reference that I used: FDA (U.S. Food and Drug Administration), 2004. How to Understand and Use the Nutrition Facts Label. Available at:http://www.fda.gov/Food/ResourcesForYou/Consumers/NFLPM/ucm274593.htm [Accessed at: 15 July 2012]. 
Original posted by My Wonderful Life

No comments:

Post a Comment