Tuesday, December 29, 2015

Happy 40th day baby J !!!

Hellowwwww
Ari ini ari ke 40 !! Ga berasa ye, ga posting-posting, begitu muncul uda 40 ari aje hahahah
Gimana kesannya setelah punya baby?
Cape? BANGET !!
Ngantuk? BANGET !!
Pegel? BANGET !!
Belum lagi tenaga yang terkuras dari pagi mpe malam.
Belum lagi quality time ma suami jadi kurang.
Haha
But, semua kebayar waktu liat senyum anak kita.
Lebay ?? Coba aja sendiri kalo ga percaya =)

Well, Tgl 19 nov kemaren eike melahirkan anak pertama kami melalui operasi caesar dengan berat 3,2kg.

Seperti yang udah pernah diceritain sebelumnya, di week 39 akhirnya dokter mutusin arus di operasi, walaupun uda nyoba jalan seminggu full mpe kaki mau patah karena kepala baby naek lagi keatas.
Suami tanpa basa/i langsung ngambil keputusan besok dioperasi.
Lemes, takut, khawatir , semua perasaan jadi 1 sampe mama minta papa nguatin en bilang everything will be fine.
Tapi bukan proses operasi nya yang eike takutin, karena eike tau selama proses operasi bakalan dibius.
Jadi apa yang ditakutin? Takut proses pemulihannya, yang kata 1000 dari 1000 orang = SAKIT LUAR BIASA.
Takut karena lama pulih, jadi ga bisa ngasi ASI ke baby J.
Well, ternyata tidak seperti yang gue pikirkan semuanya.
Berbekal pengetahuan dari beberapa temen, en baca dari forum, besoknya berangkat ke klinik jam 8.30 en start puasa.
Begitu sampe ke klinik , setelah pendaftaran ini itu, gue disuru istirahat ma dokternya.
Dokternya sengaja nyuruh gue lebih cepet datang supaya bisa istirahat , kalo dirumah takut ga bisa istirahat.
But still , di dalam kamar , tetep ga bisa istirahat , rasanya pengen banget cepet-cepet selesai.
Jam 14:30 akhirnya tiba , en gue dibawa ke ruang tindakan.
Eike mulai dipasang jarum infus , dicukur bulu ms. V nya, en dipakein baju ala operasi ( bagian depan tertutup dan terbuka dibagian belakang )
Setelah semua uda ok, eike disuruh nunggu sampe dokter datang.
Ternyata dokter telat datang karena beliau lagi nanganin operasi pengangkatan rahim salah 1 pasien di RS pusat tempat dia dinas kerja.
Singkat cerita , jam 5 akhirnya semua dokter uda lengkap en gue digiring masuk ke ruang operasi.
Mencoba tenang , mata uda mulai observasi sekeliling.
Akhirnya gue masuk ke 1 ruangan putih bersih, ditengah ruangan ada 1 tempat tidur , diatasnya lampu yang besar.
Gue disuruh baring disana, sementara tim operasi mulai ngeluarin paket-paket kain warna hijau.
Setelah semuanya disiapin , mulai masuk dokter-dokternya.
Gue ditegakin , en disuru meluk kayaknya bantal (lupa), gue dipegang 2 suster (kayaknya) en 1 dokter.
Jujur waktu itu gue takut , en mikir apa bakalan sakit banget yah kok sampe disuru meluk bantal.
Mungkin karena tegang , dokter minta relaks supaya ga sakit, en ternyata cusssss dokternya nyuntikin obat biusnya di bagian punggung.
Dan ternyata rasa sakitnya masi bisa ditoleransi haha
Setelah dibius , eike dibaringin , en mulai deh eike maksain diri untuk aware ma kinerja biusnya, maklum gue takut bayangin belum mati rasa tapi uda dibelek perutnya, apalagi pernah denger pengalaman temennya temen kalo belum kerja obat biusnya uda dibelek, plus dengerin temen yang laen doi arus dibius 2x.
Gue coba gerakin kaki , masi bisa gerak , eike info ke suster.
Berapa lama lagi eike gerakin lagi , en masii juga bisa gerak , eike info lagi ke suster. Mulai deh bad thought muncul , mungkin gue juga arus dibius 2x.
Dan untuk kesekian kalinya gue info ke suster en dokter , baru deh kaki mulai berasa "berat" untuk diangkat, sebenarnya mungkin uda terangkat tapi gue ga ngerasain yah hehe
Soon , mulai dites tensi , en gue inget tensi gue turun waktu itu jadi 100 dari 120 pas sebelum masuk ruang operasi.
Akhirnya operasi dimulai, en dimulai dengan doa dulu. Wow waktu itu pertama kalinya dalam hidup gue, gue ngerasain takut yang luar biasa, takut mpe gemetaran, dan beneran merasa pasrah sepasrahnya deh.
Takut mati, takut gagal, takut deh pokoknya haha
Setelah doa selesai mulai deh proses operasinya , dokter bedah mulai nyebutin nama pasien , dan proses operasi yang diambil.
Gue ingat waktu itu gue masi awake , en ga lama , denger suster en dokter gumam "astaga miomnya besar sekali, pantesan baby kamu ga mau turun wil.."
Sedikit lega karena ternyata bukan karena gue kurang berusaha untuk banyak jalan.
Soon, gue berasa perut diobok2, yap diobok2!! pake mesin yang suaranya berisik banget.
Ga lama , gue denger suara tangisan bayi yang super nyaring.
Wow, waktu itu gue beneran berasa hepi, lega, terharu, bersyukur!! En netesin air mata, anak gue lahir dengan selamat !!
Suster en dokter anesti bilang , "anaknya cewek, cantik."
Iyeee , gue uda tau anak gue cewek dok, hehe.
Tus anak gue dibawa keluar ruangan, en mulai deh proses operasi miomnya.
Dalam keadaan masi awake, dokter nunjukin miomnya ke gue setelah diangkat, en beneran besar, sebesar kepalan tangan orang dewasa -_-"
Gue beneran bingung dengan segede itu kok gue ga ngerasain sakit sama sekali waktu muda dulu, ckckckkck Tuhan emang ajaib penyertaanNya.
Setelah diangkat miomnya , en mungkin dimulai prosedur jahitnya , baru gue berasa mulai sakit or kram yah, not sure deh gimana cara describe nya en gue infoin ke suster, ga lama eike dibius.
Nah ini yang lucu menurut gue.
Setelah dibius , gue berasa terbanggggggg, beneran berasa fly.
Tus eike "ngeliat" bulat2 warna/i kayak di video klipnya "Move Like Jagger" nya Adam Levine en Christina Aguilera hahahahha
En yang lucunya, gue itu sadar juga kalo itu ga real en cuma mimpi.
Tus ga lama berasa terbang lagiiii.
Gue juga berasa setengah sadar, karena gue masi bisa ngomong "Saya terbangg,, kayak lagi diluar angkasaa..."
Mungkin ini yang dirasain orang ngedrugs yah hahaha

Setelah proses selesai, eike dibawa ke ruang pengamatan, en "belum" ngerasain sakitnya.
Gue mikirnya, "Ah, kata orang sakitnya begini begitu, ini ga ngerasain sakit perih kok, cuma kram aja, kayak begini mah boleh lah next time caesar aja"
En masi belagu ngomong ke dokter, "Dok, emang ga sakit yah?"
En dokter jawab begini, "karena obat biusnya belum abis wil."
Dokter minta gue istirahat, tapi karena gue nanyain anak gue terus, en mungkin dokter tau gue bakalan ga bisa istirahat sebelum liat anak gue, akhirnya beliau nyuruh suster dorong gue ke kamar ngeliat anak gue bentar en istirahat full.

Setelah masuk ke kamar , nightmare dimulai.
Obat bius dari operasi uda mulai ilang, en gue pelan-pelan mulai ngerasain perih dibagian luka operasi. Apalagi pas suster pindahin dari tempat tidur operasi ke tempat tidur di kamar !!!
Sakitnya bikin lemes ga bertenaga, mau nangis ga bisa karena makin terasa sakitnya, berasa otot rahim ketarek kalo nangis.
Jadi cuma bisa tarek napas dalam-dalam en ngeliatin langit-langit ruangan doang.
Malam itu gue pendarahan, en bole dibilang kategori kritis jadi dokter mutusin ga pulang en nginap di klinik untuk pantau perkembangan gue.
Tapi Puji Tuhan, lewat tengah malam pendarahan eike uda berenti , en dinyatain lewat masa kritisnya =)

Hari kedua masi berasa nyeri, tapi uda disuru gerakin badan, miring kanan dan kiri , terakhir arus bisa duduk.
Tapi gue beneran ga sanggup karena sakitnya, jadi ari kedua gue cuma bisa gerakin badan en cuma berhasil miring ke kiri doang, itu pun cuma bergeser sedikittttt aja dari tempat tidur haha
En setiap kali gerak, gue ngerasain darah keluar.
En ari ke dua, ASI eike masi belum keluar, perhaps karena rasa sakitnya kali yah.
En waktu itu, eike ambil keputusan, eike arus sembuh dulu, kalahin dulu rasa sakitnya, fokus dulu ke penyembuhan, baru bisa fokus ke masalah ASI, ga bisa dijalanin 2-2 nya sekaligus.
So, malamnya suster coba ajarin duduk langsung tanpa miringin badan ke kanan or kiri, en lagi-lagi gue ngerasain anget2 ngalir keluar lagi, pendarahan lagi, tapi masi dalam porsi yang wajar.
Ternyata, suster en dokter nyuruh kita gerak, supaya tiap kali kita bergerak, darah dalam rahim kita bisa keluar, jadi tidak menggumpal didalam, juga supaya ga kaku otot rahim kita.
Setelah berhasil duduk, beneran berasa badan lebih ringan loh !!
Gue cuma bisa ngeliat anak gue pas digendong ma suster, itupun cuma bentar , selebihnya cuma ngeliat dari foto, karena waktu itu suami masi belum berani gendong.
En tiap kangen cuma bisa cium foto dia di hape suami, en sedikit bisa meringankan rasa sakitnya.

Hari ketida datang, en pagi-pagi uda dijenguk ma dokter, en beliau dengan sabar bantu eike turun dari tempat tidur, berdiri, en pelan-pelan jalan.
En setelah bisa jalan, en duduk di kursi, akhirnya gue diijinin gendong anak gue for the first time !!
En it feels like heaven.. Bahagia bener liat anak gue dari deket.
Tus dokter ngajarin cara pelekatan ASI supaya ASI bisa keluar.
Pertama masi belum keluar, en dokter bilang tenang aja nanti juga bisa keluar.
Gue waktu itu beneran bingung, gimana keluar coba , anak gue beneran cuma isep angin doang.
Siangnya , mulai keluar kolostrum, warnanya bening, en cm setetes doang. Eike konsul ke dokter en dokter bilang tetep susuin ke baby. Walaupun bingung ya tetep dilakuin aja.
Tapi ternyata isapan bayi itu beneran stimulasi terbaik untuk ngeluarin ASI =)
Sorenya , ASI mulai keluar =)
Dan setelah tes terakhir, dokter ijinin pulang besok siang =)

Dalam waktu ga nyampe 2 minggu, eike uda bisa wara/i di rumah, jongkok, meluk guling, duduk dilantai dan berdiri, semua berkat anak gue.
Demi booster-in ASI eike juga rela minum jus pare yang dicampur melon haha

Jujur, punya anak itu capek, apalagi kalo mutusin untuk ngasi ASI eksklusif.
En dihari ke 40 ini, gue kadang masi kewalahan en bisa ngoceh ke anak gue , walaupun dia ga ngerti haha
But, gue beneran hepi ngeliat senyum dia, ngeliat tingkah dia yang berusaha menjadi lebih baik, lebih pintar, lebih kuat dari hari ke hari.
Semoga eike juga bisa jadi ibu yang semakin baik tiap ari nya dengan ngertiin dia.

Mommy loves you , baby J.
You are the world to me.

No comments:

Post a Comment