Monday, July 11, 2011

Baca Alkitab

Morning,,

gue diajak ama Leni untuk ikutan program Baca Alkitab Seluruhnya Yuk! by Stephanie, sabtu kemaren.
Setelah gue masuk ke link yang dimaksud, en baca maksud programnya, gue baru ngerti, ternyata oh ternyata gelakguling
karna waktu si enon ngajakin ke gue, satu kalimat yang ada di hati gue, "kok isa? apaan itu? keren banget kalo bener bisa, gue mo liat ah ari senin", gue pikir program beneran program yang perlu di install-install di blogger *dasar otak programmer*

okeh, gue mo share sedikit pengalaman idup gue tentang alkitab malu
sebelum-sebelumnya, gue pernah baca alkitab, tapi jujur waktu itu gue KAGA NGERTI sama sekali !
nah karna gue kaga ngerti, gue males banget baca alkitab, dipikiran gue, orang yang udah ada gelar STh aja yang bisa baca Alkitab ihikhik karna mereka pasti di ajarin istilah-istilah, bahasa-bahasa yang ada di Alkitab sewaktu kuliah dulu gelakguling
nah, ceritanya, dulu pas gue ama angel semasa pacaran, gue tau kalo angel rajin baca Alkitab setiap ari,,
nah, gue lupa kapan, tapi angel juga minta gue arus rajin baca alkitab juga,, en TIAP ARI gigil
yo wis, tiap ari mulai baca, mulai dari Kejadian dengan semangat 45, lanjut ke Keluaran, lanjut ke Imamat dst nya sengihnampakgigi
tapi lama-lama gue bosen sendiri, en mulai ngurangin porsi baca Alkitab tiap ari nya, dari yang 1 pasal tiap arinya, dikurangin jadi ke 1 ayat tiap ari nya *sorry Tuhan*
ckckckck, en waktu itu alasannya, karna gue kaga ngerti, en daripada gue stop sama sekali, at least gue masi baca 1 ayat tiap ari nya penat
ampe bawa-bawa nama Tuhan segala, "Tuhan aku capek, aku ngantukkkk, semalam gue tidur jam 12an buat ngedit foto PO, tiap ari arus bangun pagi-pagi, Tuhan pasti ngerti apa alasan gue, karna gue sama sekali ga ngerti, daripada jadi beban, daripada gue baca tapi ga masuk ke otak, daripada gue baca tapi ga ngerti, mending gue stop aja yah bacanya. "
wew wew wewwwwwwwwwwww
gue yakin banget saat itu pasti setan pesta 7 hari 7 malam setelah gue keluarin statement itu.
awas kamu ya setan setan
setelah itu gue sempet vakum baca Alkitab sekian waktu, gue lupa untuk berapa lama,,
nah, suatu ari, angel bilang ke gue, dia udah baca Alkitab ampe abis, en dia tanya gue udah ampe mana garupale
nah gue bingung jawabnya begimane gelakguling masa mo boong sih, kan dosa garupale
akhirnya jujur sambil membela diri, kalo gue udah berenti baca Alkitab karna gue ga ngerti, karna gue ngantuk, karena gue capek karna semalam tidur jam 12an ampe jam 1an untuk ngedit foto, blablabla, pokoknya waktu itu tujuannya maksa angel ngerti keadaan gue,, en gue juga "maksa" Tuhan ngerti keadaan gue..
jahat yak nangihnangih
gue diceramahin ama angel, en dia cuma minta kita bisa komitmen, setia, en mendisiplinkan diri, karna ga ada yang bisa nolong kita kecuali kita sendiri..
setelah diceramahin, balek lagi baca Alkitab tapi tetep cuma 1 ayat doang tiap arinya..
en seneng banget kalo ari sabtu ato minggu ato libur, kenapa?
karna kalo sabtu kami pasti keluar dari pagi untuk ngurus keperluan bisnis, ato keperluan laen-laen yang ga bisa kami kerjain di hari biasa (karna kami kan kerja encem )
si angel orangnya tepat waktu, jadi dia ga suka kalo dia udah siap, eh gue belum siap, jadi gue make kesempatan ini nyantai-nyantai, jadi waktu angel datang gue "ga sempet" baca Alkitab.
kalo ari minggu, kami pagi-pagi arus udah ke gereja, dengan alasan sama yang kayak ari sabtu, gue "ga sempet" baca Alkitab.
walaupun tiap ari gue rajin baca Alkitab 1 ayat, tetep aja kaga ngerti apa sih yang lagi dibilang ama Alkitab, en jarang banget dapet momen bisa ngerti en konsen.
doa ga sebelum baca Alkitab? ada kok, tapi tetep aja pikiran sering melayang kemana-mana (ya eya lah, lu bacanya 1 ayat doang ketukmeje )
di masa-masa inilah, masa kegelapan gue, gue bener-bener jauh jauh jauh jauh jauh jauh bangets dari Tuhan ckckckck

setelah merit, gue ga tau sejak kapan, gue mulai tarek diri dari lubang, en mulai baca Alkitab lagi, ga baca 1 ayat doang, tapi 1 pasal..
dan Thanks God, ampe sekarang, gue udah kelarin baca Perjanjian Lama, en mulai masuk ke Matius 9

nah, setelah gue baca ini, gue mulai ngerasain apa bedanya dulu dengan sekarang,,
kalo kita baca Alkitab, kita bisa belajar banyak tentang Tuhan,,
kalo kita belajar dari orang tentang Tuhan Yesus, kadang penafsiran orang beda-beda menurut mereka masing-masing, en ujung-ujungnya bisa aja kita jadi berantem cuma buat bahas arti ayat tersebut. malah yang parahnya, ada juga orang yang salah menafsirkan ayat itu, kan berabe..
tapi kalo Firman Tuhan itu beda, karna itu dari mulut Dia sendiri senyum

terus kenapa dulu dipaksa ngerti ampe mungkin kalo bole bakar Alkitabnya terus minum aernya, tapi tetep aja kaga ngerti?
nah, gue baru tau, saat itu, gue belum ada kesadaran untuk mencari Tuhan, gue belum rindu mencari Tuhan, gue belum benar-benar dekat dengan Dia sedih
saat kamu tau dan ngerti kalo we are not done yet, kita akan rindu nyari Tuhan, en ini perasaan meluap-luap yang gue susah susah bangets mo jelasin gimana rasanya xpasti

terkadang manusia terlalu fokus pada beban berat mereka, sehingga untuk "diam" susah banget.
diam dalam arti kata, diam untuk nenangin diri, diam untuk mencari dimana kita posisikan Tuhan dalam hidup kita, diam untuk mencoba dengerin suara Tuhan..

jadi gue berkesimpulan, salah satu "senjata" yang arus kita siapin untuk baca Alkitab, kerinduan untuk mengenal lebih dekat Tuhan Allah kita yang hidup.

sekarang, gue mulai catat ayat-ayat yang menurut gue penting, yang bisa bangkitin semangat gue, yang isinya tentang warning, en kadang gue share di FB, bukan untuk pamer, tapi supaya orang yang punya masalah, diingatin lagi kalo they are not alone..

8 comments:

  1. nah gt donk ^^
    emank klo baca Perjanjian Lama, pasti ada beberapa bagian yg kita bingung ya non.
    tp klo gw sech "\Hajarrr" aja, mksd nya nanti pasti Tuhan kasi hikmat biar kita ngerti.
    tp pilih waktu yg pas, biar rasa ngantuknya jg ga jd penghalang...^^ cia yo

    ReplyDelete
  2. iya non, apalagi pas bagian yg ada ukuran-ukuran gitu..
    ama pembagian suku-suku..
    aduh waktu itu pengen banget loncat, tapi mikir kalo loncat takut tar ga nyambung,,
    jadi gw baca aja dah (dengan kondisi ga ngerti apa yg gue baca)
    *ampuni saya Tuhan*
    wakkakak

    ReplyDelete
  3. iyaa kan ga brati kita harus ngerti smuanya, apalagi bagian ukuran, gw aja bingung.
    tp kan blajar taat aja, dbaca aja, ntr pasti dpt pengertiannya lewat hikmat...
    jd mulai dr mana bacanya?

    ReplyDelete
  4. maksudnya mulai darimana bacanya itu apa non?
    sekarang dah mpe matius..

    ReplyDelete
  5. maksud na u lg baca dari awal atau uda di pertengahan atau akhir? hehhe

    ReplyDelete
  6. ow ow ow ow
    lanjut non,,
    kan tiap baca gw tandain pake pembatas buku.
    pas mulai baca lagi dari vakum itu, lanjut dari pembatas buku itu ampe sekarang udah di matius..
    biar selesaiin dulu apa yang udah dimulai hehe..

    ReplyDelete
  7. mantapppp..lanjutkannnn!!!! ^^

    ReplyDelete
  8. Wow... ayo berusaha terus wiliana. habiskan sampai wahyu... :) hehe baca tulisan ini, aku jd mau sharing waktu aku baca alkitab dulu hehe..

    ReplyDelete