Tuesday, July 26, 2016

Ceritaku tentang ASI

Kemaren aye berkunjung ke kediaman kakak ipar adek gue, beliau baru aja melahirkan di bulan ini.
Lalu cerita-cerita lah tentang ASI, en beliau nanya sama gue masi ASI ga, en begitu gue jawab masi, beliau kaget, en salut karena masi bisa/keluar ASI nya.
Jadi ingat reaksi bibi, sama persis juga reaksinya , begitu tau gue masi ASI-in baby J.

well, thanks to ce Didia, karena doi lah yang selalu nyemangatin gue dulu kalo ASI gue bakalan bisa keluar.

Mau bercerita dikit tentang ASI berdasarkan pengalaman gue selama 8 bulan ini ya.
Kadang dapet pertanyaan :

ASI kamu banyak ya?
Banyak dalam arti kata apa dulu nih?
Netes-netes kayak keran?
Netes-netes sampe basahin bra mpe arus ganti bra setiap berapa menit sekali?
Kalo dipompa dapet 120ml lebih?

Jawabannya, kaga pernah.
ASI gue ga pernah netes sama sekali sampe basahin bra.
kalo dipompa ASI gue juga cuma dapet 15ml kiri dan kanan, catet ya, KIRI dan KANAN total 15ml =D

jadi setiap ditanya pertanyaan ini, gue selalu jawab , ASI gue cukup makan untuk baby J.

Kamu makan apa aja biar ASI banyak?
Gue jarang makan bayam, jarang juga minum air putih ( bukan ga suka, tapi kadang sibuk wara/i dirumah sampe lupa, padahal udah nyediain botol air minum 2 liter )
Loh? jadi kok masi bisa ASI in baby J mpe sekarang ( 8 bulan )?
Kunci ASI ada 2 :
- yakin pada diri sendiri kalo ASI mu ada dan cukup makan untuk babymu.
Ini penting, karena kalo kamu yakin, kamu ga akan goyah walaupun dibilang , "ASI mu ga ngenyangin tuh" ato "ASI mu sedikit kali" ato "ASI mu belum banyak" ato kalimat sejenisnya.
- sering nyusuin langsung ke baby, karena isapan baby adalah stimulator alami untuk produksi ASI

Tapi kok setelah nenen, masi nangis yah? katanya ga kenyang yah?
bayinya pengen digendong kali =P
dan gue selalu diingetin, nangis itu bukan artinya LAPAR.
mungkin dia gerah?
ato pengen digendong? pengen didekap emaknya?
pengen keluar kamar?
tergores SNAPPY popok kainnya? ( baby J pernah haha )
ato mungkin aliran ASI terlalu kenceng?
ato mungkin popoknya basah?
atooo mungkin lagi growth spurt?
kalo semua pertanyaan uda dicek, tapi masi juga rewel, ya uda dikasi lagi ASI, coba ganti PD sebelahnya lagi.
ASI emang ga gampang, karena kayaknya kita lagi meraba-raba tembok di ruangan gelap gulita, karena kita ga ngeliat seberapa banyaknya ASI yang diminum sama anak.
Logikanya sama seperti beriman ke Tuhan Yesus, ga liat Dia, tapi kita percaya Dia ada #halah
Gue uda lewatin fase dimana gue meragukan ASI sendiri, ato fase dimana gue cape banget en pengen nyerah aja ngasi ASI ke baby J.
Tapi selalu ingat ini, bayi nangis bukan artinya LAPAR !!

Sehari berapa x kamu ASI-in babymu?
dulu waktu masi 6 bulan eksklusif ASI, SERING !
Saking seringnya, gue mpe blur batasan antara ni anak sebenarnya lagi ngompeng or lagi nyusu sih.
ASI itu beda tekstur dan komposisinya dengan sufor.
Gue ga perlu deh ya jelasin apa-apa aja komposisi sufor dan ASI karena gue yakin uda banyak banget info tentang itu.
Jangan heran kalo kita bakalan lebih sering nyusuin anak kita, karena komposisi ASI ini lebih ringan daripada sufor, jadi lebih cepat diserap oleh tubuh, jadinya anak kita lebih cepat lapar.
Cepat lapar = lebih sering nyusuinnya.
Jadi sebenarnya ASI itu ngenyangin ga?
Kenyang dong ! Buktinya abis nenen, anaknya ga cranky lagi kan?
Tapiiii, ya kenyangnya bukan seperti kenyangnya makan nasi padang =D
balek lagi kepenjelasan gue diatas, komposisi ASI yang lebih ringan daripada sufor bikin lebih cepet diserap oleh tubuh, jadi lebih cepet lapar.

Tapi temen gue katanya ga bisa keluar sama sekali loh?
Nah, maap, ini gue juga ga ngerti, juga ga mau berasumsi sendiri.
Perhaps kalo gue tanya langsung ke orangnya, mungkin gue punya penjelasan.
Balek lagi ke penjelasan gue diatas tadi, Kunci ASI cuma ada 2 :
- yakin pada diri sendiri kalo ASI mu ada dan cukup makan untuk babymu.
- sering nyusuin langsung ke baby, karena isapan baby adalah stimulator alami untuk produksi ASI.
Gue uda nemu beberapa orang yang sempet stop, tus nyusuin lagi ke anaknya, en ASI nya keluar lagi =)

Tulisan ini, gue buat bukan untuk mendiskreditkan para emak yang ngasi sufor ke anaknya yah.
Semua mama itu hebat, ntah itu sufor or ASI, caesar or normal, kaya or miskin, kerja or stay-at-home mom, semuanya PASTI selalu berikan yang terbaik untuk anaknya.

Cukup disayangkan, pernah baca berita, kalo ada beberapa mama ASI diluar sana, yang menghina or ngetawain or ngejudge yang ga sanggup berikan ASI untuk anaknya.
That's why, gue kaga pernah sama sekali nanya ke emak2 , "anaknya ASI yah?" kecuali ditanya, en mereka bertanya tips-tipsnya.

Semoga penjelasan diatas cukup jelas dan bisa membantu ya haha
Dan buat yang suka melontarkan kalimat yang tidak membantu para ibu ASI juga semoga setelah membaca tulisan ini, bisa mengerti dan mulai memberikan semangat bukan malah sebaliknya =D
Anak rewel uda cukup musingin, jangan nambah beban orang lain lagi =P

Maaf kalo ada tulisan yang tidak berkenan.

See you yah!

No comments:

Post a Comment